Variable, Array dan Perintah Dasar pada PHP

Melanjutkan Pada Postingan Sebelumnya tentang Pemograman Dasar pada PHP, POST kali ini masih berhubungan dengan itu.
Kali ini kita akan belajar tentang Variable, Array serta Perintah dasar pada PHP.
Oke langsung saja kita Prakterkan.
  1. Variable
  2. Seperti bahasa Pemograman pada Umum nya, PHP juga memiliki sebuah wadah untuk menampung Kata, angka atau Operasi. Atau biasa disebut juga sebagai Variable. Pada PHP untuk membuat sebuah variable bisa di awali dengan code $ dan nama variable nya, jika digabungkan maka akan menjadi $nama; Kita implementasikan pada kode PHP.
     <?php
    $nama = "Gudang Koding";
    $alamat = "gudangkoding.com";
    echo $nama;
    echo $alamat;
     <?
    

    Lalu jalankan web browser dengan alamat http://localhost/BelajarPHP/variable.php
    Maka output nya adalah :

    Mengapa hasil nya berhimpitan ? karena kita tidak memberikan tag New Line pada PHP nya, silahkan ubah koding yang tadi menjadi seperti dibawah :
     <?php
    $nama = "gudang koding";
    $alamat = "gudangkoding.com";
    echo “Nama Saya : “ . $nama . ”\nAlamat Saya : “ . $alamat;
     <?
    

    Maka Outputnya :

    Fungsi . atau titik pada PHP sendiri adalah untuk menggabungkan dua atau lebih variable menjadi sebuah kata, jadi kita tidak perlu meng echo nya berkali kali, sedangkan tag < br > atau \n adalah perintah HTML untuk New Line atau Garis baru, sehingga akan satu kali turun ke bawah textnya.
    Lalu sekarang kita akan menggunakan variable untuk proses Matematika, Pertambahan, pengurangan pembagian dan perkalian.
    Silahkan tulis code sebagai berikut :
     <?php
    $a = 7;
    $b = 5;
    
    $pertambahan = $a + $b;
    echo "Hasil Pertambahan : " . $pertambahan . "\n";
    $pertambahan = $a - $b;
    echo "Hasil Pertambahan : " . $pertambahan . "\n";
    $pertambahan = $a / $b;
    echo "Hasil Pertambahan : " . $pertambahan . "\n";
    $pertambahan = $a * $b;
    echo "Hasil Pertambahan : " . $pertambahan . "\n";
     <?
    

    Maka Output nya :

  3. Array
  4. Apa itu array ? array adalah sebuah variable yang berisikan lebih dari satu object baik string maupun angka, apa maksud nya ? Jika kita membuat sebuah variable
    $nama1, $nama2, $nama3; Jika diperhatikan semua variable diatas adalah nama, kenapa kita tidak buat saja sebuah variable nama dan berisi 3 kata nama, maka dibuat lah sebuah array.
    Jika kita mempunyai 3 nama, diantara nya Gudang, Koding dan Belajar.
    Maka bentuk array di koding PHP adalah sebagai berikut :
    $nama = array(“Gudang”, “Koding”, “Belajar”);
    Lebih enak bukan ? koding menjadi lebih rapih, namun bagaimana kita mengakses array tersebut, kita bisa panggil indexs dari array tersebut, apa itu indexs ? index adalah lokasi dari kata yang akan kita cari dalam array Jika pada array diatas Koding Gudang berada pada indexs 0 dan Koding pada indexs 1 Implementasi nya pada PHP :
     <?php
    $nama = array("Gudang", "Koding", "Belajar");
    
    echo $nama[0];
     <?
    

    Outputnya :
  5. Perulangan ( Looping )
  6. Perulangan adalah sebuah teknik agar kita tidak perlu menulis sebuah kode berulang ulang. Dengan kasus Array diatas, kita akan menampilkan 3 buah nama, namun hanya dengan sekali echo, bagaimana caranya ? kita gunakan metode perulangan, perulangan di PHP bisa menggunakan for, while, do while atau foreach.
    Mari kita ulas semua :
    • FOR
    • Perulangan atau Looping for mungkin sudah tidak asing lagi bagi programmer pemula, karena perulangan inilah yang paling banyak dipelajari atau dilakukan, for terdiri dari 3 parameter, parameter ke satu adalah variable awal / permulaan , misalkan X = 0 , bahwa kita punya nilai X sebesar 0, lalu parameter kedua adalah parameter checker, apa itu ? parameter ini akan bertugas menghentikan atau meneruskan looping misalkan X < 10, berarti jika nilai X masih lebih Kecil dari 10, maka proses looping akan terus dijalankan jika lebih atau sama dengan 10 maka proses Looping akan berhenti, lalu parameter terakhir adalah Increment atau De-crement di tulisnya dengan kode $var++, ini akan bertugas menambahkan atau mengurangi parameter awal sehingga mendekati paramter kedua untuk menghentika proses Looping.
      Contoh Koding :
       <?php
      for($x=0;$x<10;$x++) {
      echo "Nilai dari X adalah : " . $x . "< br >";
      }
       <?
      

      Silahkan coba jalankan di PHP ONLINE COMPILER
    • WHILE
    • Perulangan atau Looping yang Kedua adalah while, secara konsep while sama dengan for, namun while hanya memiliki satu parameter yaitu parameter checker saja ( parameter kedua dari for ), while akan terus berjalan selama kondiri masih dianggap true oleh while, misalkan dengan kasus yang sama dengan for, apabila X masih lebih kecil dari 10 maka while akan terus berjalan.
      Contoh Koding :
       <?php
      $x=0;
      while($x < 10) {
      echo "Nilai dari X : " . $x . " < br >";
      $x++;
      }
       <?
      
      Silahkan coba jalankan di PHP ONLINE COMPILER
    • DO WHILE
    • Perulangan atau Looping yang Ketiga adalah DO WHILE, apa perbedaan DO WHILE dengan WHILE di perulangan No 2 ? Perbedaan nya sangat Signifikan yaitu jika WHILE akan Mengecek dulu Statement di dalam parameter terlebih dahulu, lalu dia akan menjalankan perintah didalam blok while, namun DO WHILE berbeda dia akan menjalankan terlebih dahulu Code Blok nya lalu baru mengecek Statement dari While. Maka boleh dibilang While bisa saja tidak menjalankan Perintah nya, namun Do While Pasti akan menjalankan perintah minimal satu kali meskipun stament tidak terpenuhi.
      Contoh Koding :
       <?php
      $x=0;
      do {
      echo "Nilai X adalah : " . $x . "< br >";
      $x++;
      }while($x < 10)
       <?
      
      Silahkan coba jalankan di PHP ONLINE COMPILER

    • FOREACH
    • Perulangan yang Ke empat adalah FOREACH, nah mungkin Foreach ini sedikit jarang dipake dalam latihan Pemograman PHP, Foreach biasanya digunakan sebagai pembuat alias dari Array sehingga Looping array menjadi lebih mudah, foreach banyak digunakan ketika Mengambil dari dari Database atau paling sering digunakan ketika kita menampilkan data lebih dari satu pada sebuah framework PHP.
      Contoh Koding :
       <?php
      $array = array("1","2","3","4","5");
      foreach($array as $data) {
       echo "Data Array : " . $data . "< br >";
      }
       <?
      
      Silahkan coba jalankan di PHP ONLINE COMPILER

  7. IF ( Seleksi )
  8. IF ( Seleksi ) - Mungkin Fungsi IF sudah tidak asing di dengar bukan ? IF Merupakan sebuah fungsi yang sangat banyak atau hampir pasti digunakan jika kita membuat sebuah Aplikasi baik desktop maupun web, untuk anda yang masih belum tau apa sih fungsi seleksi atau IF itu ?
    IF adalah sebuah fungsi dalam pemograman dimana kita akan men-seleksi sebuah paramter yang diberikan, sebagai contoh Sederhana, apabila kita mempunyai sebuah Nilai 90, 80 dan 65, kita ingin membuat sebuah Angka mutu (A,B,C atau D) dengan kriteria yang telah di tetapkan sebelumnya.
    Contoh Kasus :
    Nilai Saya : 76
    Kriteria Penilaian Huruf Mutu :
    A = 81 -100
    B = 71 - 80
    C = 61 - 70
    D = 50 - 60
    Sekarang bagaimana kita implementasikan dalam bentuk program ?
    <?php
    $nilai = 76;
    if($nilai >= 81) {
    echo "Nilai Kamu A";
    }else if($nilai >= 71) {
    echo "Nilai Kamu B";
    }else if($nilai >= 61) {
    echo "Nilai Kamu C";
    }else {
    echo "Nilai Kamu D";
    }
     <?
    
    Silahkan coba jalankan di PHP ONLINE COMPILER
    dari Statement di atas, maka Kita akan Mendapatkan Output "Nilai Kamu B", Karena Nilai Kita tidak termasuk Kriteria IF pertama melainkan Kriteria IF kedua, tapi Kenapa kita tidak masuk Kriteria IF ketiga ? padahal Statement nya benar, Jawabannya Karena jika IF sudah menemukan Kriteria yang Benar maka IF tidak akan melanjutkan ke blok ELSE selanjutnya, bagaimana ? mudah bukan ?