Pemograman Dasar pada PHP.

Pada kesempatan hari ini, Gudang Koding akan membagikan sebuah artikel yang berisikan tutorial pemograman dasar pada PHP . Tutorial ini akan menjadi sebuah inti atau pondasi untuk mengerjakan atau belajar tutorial advance atau lebih lanjut dari pemograman PHP, Untuk pengenalan singkat PHP adalah sebuah Bahasa Pemograman yang berjalan pada sebuah Server Side atau membutuhkan sebuah Web Server untuk menjalankannya, disini kita akan menggunakan Apache untuk membuat PHP berjalan. Jika PHP tidak berjalan di server side maka PHP akan memunculkan Full Syntax PHP nya tanpa ada proses terlebih dahulu.

Oke Kita Langsung Saja Ke Pembelajarannya :

  1. Menjalankan Aplikasi Webserver
  2. Aplikasi web server yang kita gunakan adalah Apache, namun kedepannya kita akan membutuhkan sebuah database server, maka dari itu tools yang kita gunakan saat ini adalah XAMPP. Bisa anda unduh disini. Selain XAMPP ada juga tools yang sama yaitu WAMP, cara kerja nya sama saja namun sedikit perbedaan pada interface dan peletakan folder, saya tidak akan memberikan tutorial untuk instalasi nya, silahkan cari referensi apabila anda tidak mengerti instalasi XAMPP. Jalan kan XAMPP nya, klik Start pada Apache dan MySQL, lalu kita siap untuk membuat sebuah program PHP.

  3. Mempersiapkan Code Editor
  4. Untuk penggunaan tools Code Editor, sebenarnya banyak sekali Software code editor yang dapat digunakan, saya tidak akan jelaskan disini, silahkan baca Memilih Code Editor untuk Menulis Program.
    Saya menggunakan Atom Code Editor buatan Github. Silahkan buka Code Editor nya.
    Sekarang kita akan membuat Folder untuk menyimpan Data / File PHP yang akan kita bangun, untuk instalasi Default silahkan ada Buka Windows Explore, lalu pilih Local Disk C -> XAMPP -> htdocs
    Buat Sebuah Folder bernama BelajarPHP lalu buat File bernama index.php pada Folder tersebut.
    Lalu buka pada Edtor kita, jika menggunakan Atom, tinggal tarik saja Folder nya kedalam Editor, lalu sekarang pilih file index.php nya. Untuk Script sederhana pada PHP, kita membutuhkan Tag < ?php dan ? > Untuk memulai dan menutup program PHP nya. Kita akan menulis “Hello, Saya sedang belajar PHP.”
     <?php
    echo "Hello, Saya sedang belajar PHP";
     <?>
    
    Save pada index.php lalu jalannya pada browser http://localhost/BelajarPHP/
    Output :
Posting Selanjutnya : Variable, Array dan Perintah Dasar pada PHP
First